Gaya Hidup Memicu Penyakit Jantung di Usia Muda

Home / Gaya Hidup / Gaya Hidup Memicu Penyakit Jantung di Usia Muda
Gaya Hidup Memicu Penyakit Jantung di Usia Muda ILUSTRASI: Sakit Jantung. (FOTO: doylestownhealt)

TIMESPINRANG, JAKARTAPenyakit jantung tak hanya menyerang orang yang berusia tua. Ancaman serangan penyakit jantung terhadap kalangan usia muda semakin banyak. Bahkan, usia di bawah 30 tahun juga bisa terkena gangguan kesehatan ini.

Seorang kardiolog Sunway Medical Centre (Sunmed) Malaysia, dr Mohd Kamal mengatakan ia pernah menangani pasien berusia 27 tahun yang memiliki serangan jantung.

Dilansir dari Antara, Mohd Kamal mengatakan risiko ancaman penyakit jantung untuk penduduk Malaysia berada pada usia 58 tahun. Sementara untuk Amerika Serikat, lanjut dia, ancaman serangan jantung terjadi pada usia 66 tahun.

Banyak faktor yang memicu terjadinya serangan jantung, antara lain gaya hidup serta faktor asupan makanan. Kamal menilai kebiasaan merokok juga menjadi salah satu pemicu utama terjadinya serangan jantung.

Oleh karena itu, ia menyarankan masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat. Salah satu yang penting dalam mengantisipasi penyakit jantung, yakni cek kesehatan sejak dini.

Ia juga menyarankan agar pengecekan kondisi kesehatan minimal mulai usia 30 tahun untuk meminimalkan risiko terkena penyakit jantung. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com