Orang dengan Diabetes Sebaiknya Tidak Sering Makan Bubur, Mengapa?

Home / Gaya Hidup / Orang dengan Diabetes Sebaiknya Tidak Sering Makan Bubur, Mengapa?
Orang dengan Diabetes Sebaiknya Tidak Sering Makan Bubur, Mengapa? ILUSTRASI: Penderita diabetes. (FOTO: healthdirector)

TIMESPINRANG, JAKARTAPenderita diabetes harus benar-benar teliti dalam mengonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Salah satunya adalah bubur. Mengapa?

Dilansir dari Antara, pakar nutrisi dan Guru Besar dari IPB, Prof. Dr. Ali Khomsan mengatakan, bubur justru lebih cepat diproses tubuh menjadi gula daripada nasi. Sehingga tak disarankan untuk mereka yang menderita diabetes. Makanan ini memiliki indeks glikemik tinggi yakni 90. 

Makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa menyebabkan gula darah melonjak secara cepat. Beberapa penelitian juga mengaitkan indeks glikemik tinggi dengan obesitas, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Selain bubur, sirup juga memiliki indeks glikemik 100, tertinggi dari jenis makanan dan minuman lainnya. 

Sementara buah-buahan seperti pisang dan apel bisa menjadi pilihan penderita diabetes. Indeks glikemik buah-buahan ini berada di bawah angka 50 dan tentu masih aman untuk menjaga kesehatan tubuh orang dengan diabetes. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com