Catat, Ini Mekanisme Baru Penerimaan Mahasiswa di PTN Mulai 2019

Home / Pendidikan / Catat, Ini Mekanisme Baru Penerimaan Mahasiswa di PTN Mulai 2019
Catat, Ini Mekanisme Baru Penerimaan Mahasiswa di PTN Mulai 2019 Ilustrasi penerimaan mahasiswa baru di PTN

TIMESPINRANG, JAKARTA – Berbeda dengan sebelumnya, Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN), para peserta tidak perlu buru-buru mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) karena akan ada mekanisme pendaftaran baru mulai periode 2019 mendatang.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir menjelaskan jika mulai tahun depan, peserta harus mengikuti tes lebih dahulu baru kemudian bisa mendaftarkan diri ke PTN yang diminati.

"Kalau tahun sebelumnya peserta daftar dulu baru tes, maka ketentuan di tahun 2019 adalah tes dulu kemudian dapat nilai. Nah nilai tersebut dipakai untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri," tegasnya. 

Nasir menambahkan jika pada SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan dua materi tes yakni Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik.

"Mulai tahun mendatang metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan dan UTBK berbasis Android sementara belum diterapkan (masih dikembangkan)," imbuhnya.

alur-smptn.jpg

Sementara Ketua Panitia SBMPTN 2018, Ravik Karsidi menyatakan jika peserta tes seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri 2019 dapat mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali. Syaratnya cukup membayar uang pendaftaran UTBK sebanyak Rp 200.000 pada setiap tes.

Ravik yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), menegaskan jika peserta SMPTN bisa menggunakan nilai tertingginya dalam mendaftar program studi di PTN yang diinginkan pada dua kali UTBK, dengan jenis soal akan sama namun pertanyaannya akan berbeda. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com